Sabtu, 26 Januari 2013

Asal Usul Lambang Apple

oleh : Ustad Felix Siauw 

 
Apple: Kritik Steve Jobs atas Kelucuan Alkitab Jutaan orang rame banget pas 1 orang lewat, tapi kadang-kadang jutaan lewat malah 1 orangpun nggak ada yang rame. Yah begitulah dunia pasca ditinggal Steve Jobs, bosnya Apple. Saya gak ikut-ikutan ngeramein, cuma tertarik bahas logo apple pas kemarin ditanyain temen “kenapa ya logonya apel digigit?”
Begini ceritanya, (kismis mode ON)

Dari dalam Alkitab, orang-orang kristen meyakini bahwa tuhan menciptakan nenek moyang adam-hawa mereka di taman eden. Dan ketika tuhan selesai menciptakan manusia, maka tuhan pesen supaya boleh makan apa aja, tapi nggak boleh memakan buah dari 2 pohon spesifik yaitu pohon kehidupan (tree of life) dan pohon pengetahuan (tree of knowledge).
Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.“ (Genesis 2: 16-17)

Walhasil, setan dalam bentuk ular menggoda manusia agar makan buah pohon pengetahuan (tree of knowledge) itu melalui hawa. Tentu saja hawa takut nanti kalo makan bisa KO, maka dia nggak mau. Tapi setan segera mengeluarkan rayuan pulau kelapa mautnya:
Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: “Sekali-kali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.“ (Genesis 3: 4-5)
Nah, singkat cerita, hawa pun makan buah itu, kemudian menyuruh suaminya pun makan pula. Dan apa yang terjadi?
Eng.. Ing.. Eng…

Ternyata mereka nggak mati! Sebaliknya, adam dan hawa jadi punya pengetahuan setelah makan buah itu, mereka tau yang baik dan buruk, yang bener dan yang salah, termasuk tau bahwa mereka nggak berpakaian dan langsung mencari pakaian.
Disingkat lagi, setelah tuhannya tau, diceritakan dalam alkitab tuhannya marah besar. Dan menjadikan itu sebagai alasan untuk mengusir adam-hawa dari taman eden ke dunia, dan karena dosanya nggak dimaafkan maka manusia jadi punya dosa asal. Begitu versi orang kristen.

Begitulah awalnya manusia memiliki pengetahuan dalam pandangan kristen, karena melanggar perintah tuhan memakan buah dari pohon pengetahuan (tree of knowledge), dan buah ini dalam mitologi kristen adalah buah APEL!

Begitu pula filosofi makna logo apple, apel yang digigit hawa-adam, apel yang menyebabkan manusia turun ke dunia, dan ironisnya, merupakan penyebab manusia memiliki pengetahuan dan teknologi.. :D
Apa yang bisa anda tangkap untuk penguatan iman anda?
Saya serahkan kepada anda, karena anda pastilah cukup cerdas :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar